Ingin Gadai Mobil tapi Masih Kredit, Seperti Ini Teriknya

ingin gadai mobil tapi masih kredit

Gadai mobil tanpa BPKB Jakarta menjadi layanan di tempat gadai yang banyak dipilih. Mungkin Anda beranggapan jika ini tergolong sebagai KTA atau Kredit Tanpa Agunan. Tetapi bukan itu yang dimaksud. Sebab dalam prosesnya Anda tetap diharuskan untuk menyertakan agunan atau jaminan.

Kemudian pasti ada yang mengira jika mobil adalah agunannya. Dan sekali lagi Anda kurang tepat. Sebab dalam prosesnya mobil tetap Anda kuasai dan bisa dipergunakan sepuasnya. Lalu apa yang dimaksud dengan gadai mobil tanpa BPKB di sini?

Nah, sebelum menjawab pertanyaan tersebut, Anda pasti sangat sepakat jika layanan pinjaman model ini sangatlah menarik. Sebab untuk Anda yang memiliki mobil kredit tampaknya bisa memilih cara ini. Apalagi mobil tetap bisa dipergunakan. Artinya mobil bukan dijadikan sebagai agunan.

Mobil Kredit sebagai Jaminan Pinjaman

Sebenarnya bukan hal yang baru dalam dunia pegadaian. Faktanya sebagai besar masyarakat sudah melakukan cara ini. Apalagi bisa dikatakan menjaminkan mobil yang masih kredit adalah cara yang legal.

Memang harus diakui jika semakin ke sini layanan yang ditawarkan oleh lembaga gadai di Indonesia semakin menarik. Menarik dalam artian sangat menguntungkan untuk para calon nasabah atau debitur.

Dengan adanya layanan seperti ini, mendapatkan dana segar dengan cepat menjadi lebih gampang lagi. Mungkin ini adalah bagian dari inovasi yang dilakukan oleh lembaga pembiayaan di Indonesia.

Apalagi jika melihat kebiasaan masyarakat Indonesia saat membeli mobil. Umumnya lebih banyak yang memilih sistem kredit. Jika di kalkulasi, akan lebih banyak mobil yang dibeli dengan cara kredit jika dibanding cash.

Dengan melakukan terobosan seperti ini, target pasar tempat gadai mobil menjadi semakin luas. Jika yang dibidik hanya pemilik mobil yang sudah tidak kredit, maka akan sangat sempit. Terlebih lagi jika melihat kebiasaan masyarakat saat membeli mobil.

Pilihan Cara Gadai Mobil Masih Kredit

pilihan cara gadai mobil masih kredit

Untuk Anda yang ingin mengajukan pinjaman namun mobilnya masih kredit, terdapat dua cara yang bisa dipilih. Pertama adalah menjadikan mobil kredit sebagai agunan pinjaman. Dan yang kedua adalah menjadikan STNK mobil sebagai agunan pinjaman.

  • Mobil sebagai Agunan Pinjaman

Cara pertama yang bisa dipilih adalah dengan menjadikan mobil sebagai agunan pinjamannya. Untuk cara yang pertama inilah rata-rata yang ditawarkan oleh lembaga gadai di Indonesia.

Pasalnya cara pertama ini dirasa lebih aman dan menguntungkan untuk kedua belah pihak. Aman untuk kreditur dan juga debitur. Sementara itu untuk proses pengajuannya sendiri, sama saja dengan saat menggadaikan mobil yang tidak kredit.

Tetapi mungkin ada beberapa lembaga pembiayaan yang akan memberlakukan persyaratan tambahan. Sebab harus diingat jika mobil yang dijadikan sebagai agunan statusnya masih kredit.

  • STNK sebagai Agunan Pinjaman 

Inilah yang dimaksud dengan menggadaikan mobil tanpa BPKB. Selama ini memang BPKB mobil yang paling sering dijadikan sebagai agunan pinjaman. Namun untuk saat ini STNK mobil pun bisa dijadikan sebagai agunan. Bahkan untuk mobil yang statusnya masih kredit sekalipun.

Itulah beberapa strategi legal yang bisa dipilih ketika ingin menggadaikan mobil kredit. Kesimpulannya, mobil bisa dijadikan sebagai agunan. Atau Anda hanya menggunakan STNK mobil sebagai agunannya.

Sementara itu berkaitan dengan prosedur pengajuan pinjamannya pun sebenarnya tidak ada bedanya. Meskipun ada beberapa lembaga pembiayaan yang menambahkan persyaratan lain. Misalnya seperti yang ada di tempat gadai mobil tanpa BPKB Jakarta yang satu ini.